Cara menghilangkan Komedo dengan cara alami dan cepat

Cara Menghilangkan Komedo

 Komedo adalah penumpukan kotoran pada pori-pori kulit. Pada Umumnya bagian yang paling sering menjadi sasaran empuk komedo adalah hidung dan sekitar daerah mata. Komedo terbagi jadi 2 jenis, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam adalah jenis yang paling banyak diderita oleh orang-orang, sementara komedo putih biasanya hanya berupa benjolan kecil yang terdapat di bagian bawah epitel kulit. Jenis komedo putih ini memang akan lebih sulit dihilangkan dan di bersihkan karena obat menghilangkan komedo memerlukan sedikit 'luka' untuk mengeluarkannya. Dan diperlukan bantuan oleh dokter kecantikan khususnya kecantikan wajah atau muka untuk menghilangkan dan membersihkan komedo putih.

Untuk komedo yang sering terjadi pada kebanyakan orang adalah komedo hitam penyebabnya adalah debu dan kotoran yang menempel pada wajah yang berpori-pori besar. Pada umumnya komedo yang bercampur dengan kotoran dan keringat, selain dapat mengganggu penampilan, tapi juga dapat menyebabkan jerawat di hidung dan di muka.  Cara menghilangkan dan membersihkan komedo yang paling sering dilakukan adalah dengan memencet mengangkat keluar bagian komedo. Padahal cara tersebut dapat memicu masalah lainnya pada pori-pori wajah yang semakin membesar. Tak sedikit pula yang rela mengeluarkan sedikit uang untuk membeli obat atau alat untuk menghilangkan komedo secara cepat dengan mengunjungi salon-salon kecantikan yang harganya cukup mahal.

cara cepat menghilangkan komedo secara alami


Bagaimana cara mengatasi komedo


Cara menghilangkan komedo memang gampang-gampang susah. Sebenarnya ada banyak sekali cara menghilangkan komedo secara cepat dengan bahan-bahan alami. Cara ini selain lebih murah, juga dapat meningkatkan kualitas kulit muka tetapi memerlukan kesabaran untuk melakukannya hingga memperoleh hasil wajah bebas komedo. Pada artikel kali ini, penulis akan memberikan artikel tips-tips menghilangkan komedo secara alami dan cepat.

Bahan-bahan untuk menghilangkan, mengangkat dan membersihkan komedo di hidung

Scrub/krim
Bahan scrub atau krim adalah salah satu cara menghilangkan komedo dengan cepat. Terdapat banyak sekali produk scrub atau krim pembersih wajah yang bisa anda dapatkan di swalayan atau di toko-toko obat tradisional. Jika ingin menggunakan scrub berbahan alami, bahan yang bisa digunakan adalah kopi.

Pepaya 
Buah pepaya terkenal sebagai salah satu bahan yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan yang umumnya digunakan sebagai masker. Masker pepaya berfungsi banyak, yaitu mengencangkan, memutihkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, juga sangat berkhasiat untuk mengatasai komedo pada wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan agar mencampurkan masker pepaya dengan susu dan madu.

Lemon
Jeruk lemon mengandung vitamin C, flavonoid, dan asam sitrat yang berkhasiat menghilangkan jerawat, noda hitam membandel, mengurangi minyak, serta mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Cukup balurkan perasan air jeruk lemon pada kulit wajah yang ditimbun komedo secara teratur. Disarankan agar melakukan perawatan membersihkan komedo ini pada malam hari sebelum tidur. Usap dan biarkan hingga pagi hari. Lakukan secara rutin untuk mengurangi komedo bersarang pada kulit.

Oat atau gandum 
Bahan gandum selain bermanfaat untuk menyedot minyak berlebihan pada kulit muka juga sangat bermanfaat untuk mengatasi komedo dari kulit. Cara menghilangkan komedo pada wajah dengan oat adalah dengan cara memijat campuran oat dan air pada wajah secara merata untuk ngilangin sel-sel kulit mati sekaligus melancarkan aliran darah pada wajah.

Putih Telur
Salah satu resep membasmi komedo adalah menggunakan telur, bagian putih pada telur mengandung protein tinggi yang dapat menghaluskan kulit wajah dan membuatnya cerah. Mengoleskan putih telur juga menjadi salah satu tips menghilangkan bekas jerawat membandel. Untuk menghilangkan komedo dari wajah juga bisa menggunakan putih telur. Cukup balurkan putih telur pada bagian wajah dan hidung yang kerap menjadi sarang komedo, lalu diamkan hingga kering sebelum dicuci sampai bersih menggunakan air hangat.

Kacang Kedelai
Kacang kedelai juga bisa menjadi obat alami atau herbal untuk mengatasi komedo membandel dari wajah. Cukup membikin jus dari kacang kedelai dan gunakan sebagai masker penghilang komedo wajah secara instan. Diamkan selama setengah jam lalu cuci muka hingga bersih.

Pasta Gigi
Odol selain untuk menghilangkan hitam pada gigi, juga sering digunakan sebagai 'bahan darurat' untuk menghilangkan jerawat yang meradang. Selain itu, kandungan fluoride pada pasta gigi juga bisa membantu meredakan komedo yang meradang, yang biasanya disebabkan oleh infeksi.


Lobak
Selain pepaya dan kacang kedelai, masker lobak juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara alami menghilangkan komedo dari wajah. Perawatan ini bisa dilakukan 1 minggu sekali, atau dikombinasikan dengan masker pepaya.

Kulit Jeruk
Kulit jeruk juga bisa menjadi bahan ampuh  untuk mengatasi masalah seputar kulit, termasuk jerawat dan komedo. Cukup tempelkan kulit jeruk pada permukaan kulit yang kasar dan berkomedo untuk melepaskan komedo dari permukaan kulit.

Uap Air
Uap air bermanfaat untuk menghilangkan komedo dan melembutkan kulit wajah. Sobat dapat mencobanya dengan cara menghadapkan wajah di atas mangkok atau wadah yang berisi air mendidih agar uap air menyentuk kulit wajah. Tutup kepala dengan handuk agar mendapatkan uap yang maksimal. Uap tersebut dapat membuka pori-pori yang tersumbat yang dapat mengakibatkan terjadinya komedo.

Lidah Buaya
Selama ini lidah buaya memang terkenal sebagai salah satu bahan untuk perawatan rambut. Tetapi getah lidah buaya ternyata juga berkhasiat sangat tinggi untuk meningkatkan kualitas kecantikan pada kulit. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan getah lidah buaya cukup mengoleskan getah pada wajah lalu diamkan hingga kering lalu dibilas dengan air bersih.

Es Batu
Terapi es batu adalah perawatan paling sederhana untuk menyegarkan kulit wajah. Es batu dapat mengecilkan pori-pori kulit sehingga kulit wajah terlihat halus dan kencang. Untuk melakukan perawatan muka dengan menggunakan es batu, cukup tempelkan dan pijatkan es batu pada bagian wajah yang berkomedo selama 5-10 menit. Untuk perawatan yang lebih maksimal disarankan lebih baik komedo dibersihkan terlebih dulu dengan menggunakan masker pembersih komedo.

Tea Tree Oil 
Tea tree oil dikenal bermanfaat untuk obat menghilangkan jerawat dan membasmi noda hitam. Selain itu, khasiat tea tree oil juga sangat ampuh untuk menghilangkan komedo dari wajah. Cukup oleskan ke bagian-bagian yang sering terkena komedo secara rutin untuk mencegah komedo menyusup ke dalam kulit. Pastikan agar komedo lama sudah dibersihkan dan di angkat sebelum menggunakan tea tree oil ini.

Baking Soda
Bahan yang biasa di pakai untuk membuat kue ini ternyata juga efektif digunakan sebagai alat penghilang komedo di hidung . Cara melakukan perawatan dengan baking soda adalah dengan cara mengurutkan adonan baking soda pada kulit wajah selama beberapa menit untuk mengangkat lepas komedo sekaligus sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Air Garam
Cara menghilangkan komedo dari wajah juga bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Fungsi air hangat adalah untuk membuka pori-pori kulit,sedangkan fungsi garam untuk penyedot komedo dari balik kulit. Setelah membersihkan wajah, cuci muka dengan menggunakan air dingin sebagai penutup.

Budaya hidup sehat dan sehat untuk mencegah komedo

Cara menghilangkan komedo memang tak hanya cukup dilakukan dengan perawatan saja. Tapi juga perhatian terhadap beberapa kebiasaan kita dalam sehari-hari terhadap kulit wajah kita.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehari-hari sebagai upaya alami untuk mengurangi sekaligus membuat wajah bebas komedo.

Kebersihan Wajah
Memperhatikan kebersihan wajah bisa berupa membersihkan sisa-sisa make-up, menggunakan penutup wajah jika berada di luar atau saat berkendara, terutama bagi anda pengguna sepeda motor. Membersihkan muka secara taratur adalah cara alami untuk mengurangi minyak di wajah dan mengurangi penyebab komedo.

Minum Air Putih
Ahli kesehatan menganjurkan kita untuk rutin mengkonsumsi air putih secara teratur atau minimal 8-12 gelas sehari untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan, terapi air putih juga dikenal sebagai terapi untuk kecantikan. Salah satu penyanyi legendaris Indonesia Titiek Puspa juga pernah mengungkapkan, terapi minum air putih adalah salah satu resep rahasia awet mudanya yang sudah ia jalani rutin sejak berusia muda.

Perawatan Wajah Secara Rutin  
Cara menghilangkan komedo dengan cepat, salah satunya adalah dengan melakukan facial untuk menghilangkan komedo. Tentu saja imbas dari perawatan ini memerlukan sedikit waktu dan biaya. Tapi tak ada salahnya untuk melakukan perawatan ini minimal sesekali dalam sebulan untuk menjaga kelenturan dan kesegaran kulit wajah kita.

Perhatikan Kebersihan Alat make up
Bagi yang sering menggunakan alat makeup. Disarankan membersihkan peralata make-up nya secara rutin, meletakkannya ditempat yang bersih,dan juga memastikan agar alat dalam kondisi tetap steril setiap saat.

Kurangi Kebiasaan Memencet Komedo
Cara menghilangkan komedo secara instan biasanya dilakukan dengan cara memencet keluar komedo dengan kedua jari. Padahal hal tersebut dapat membuat pori-pori wajah semakin besar. Jika dilakukan secara rutin akan membuat kulit wajah dan hidung terlihat kasar dan bopeng.

Konsumsi 4 Sehat 5 Sempurna 
Kecantikan kulit bukan saja ditunjang oleh perawatan eksternal saja, tetapi juga dari kebiasaan sehat dan konsumsi gizi sehat yang kita makan sehari-hari. Kurangi makanan yang berlemak untuk mencegah hormon memproduksi minyak yang berlebihan yang jadi penyebab komedo dan jerawat pada wajah.

Tips menghilangkan jerawat dan komedo secara alami dan cepat


Langkah berikut ini bisa anda coba untuk menghilangkan komedo dengan cepat atau disaat-saat mendesak seperti ingin menghadiri pesta pernikahan, ulang tahun, pertemuan,ngedate sama mantan eh sama gebetan maksudnya, kalau buat yang ga puya gebetan gimana ?
tenangg aja langkah ini juga berguna kok buat para jones alias jomblo ngenes :D

Basahi wajah dengan air bersih,Gunakan campuran cleansing susu dan scrub atau krim pembersih wajah. Pijat wajah dengan merata terutama pada bagian yang berkomedo.
Cucilah wajah dengan sabun pencuci muka hingga merata dan bersih.
Keringkan wajah dengan cara menempelkan handuk pada wajah.
Gunakan toner tambahan, jika jenis kulit wajah anda berminyak lebih.Lakukan steaming atau penguapan selama 15 menit untuk melenturkan komedo agar menjadi lebih mudah terlepas dari pori-pori kulit. Bisa juga dengan menggunakan retinol atau arbutin.
Setelah itu, cobalah untuk memencet komedo secara perlahan. Cara ini akan membuat komedo menjadi mudah keluar tanpa harus membuat kulit wajah memerah akibat proses pemencetan terus menerus.

Demikianlah informasi tips membersihkan komedo dan menghilangkan komedo sekaligus mencegahnya. Mencegah lebih baik dari mengobati ,Semoga info ini bermanfaat :-)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment